STIKES BAITURRAHIM JAMBI

Menjadi Institusi Pendidikan Kesehatan Unggul, Isl

Dialog LLDIKTI APTISI Wilayah X-C Jambi, Fillius: PTS Bisa Lebih Baik dari PTN

Dialog LLDIKTI APTISI Wilayah X-C Jambi, Fillius: PTS Bisa Lebih Baik dari PTN

Asosiasi PerguruanrnTinggi Swasta (APTISI) Jambi, Selasa (4/12), menggelar Dialog LLDIKTI APTISIrnWilayah X-C Jambi, di Aula Sekolah Tinggi ilmu Kesehatan Baiturrahim (STIKBA )rnJambi.

Dialog dihadiri langsungrnProf Dr Herri SE MBA Kepala LLDIKI Wilayah X, Dr Fillius Chandra SE MMrnKetua APTISI Wilayah X-C Jambi, keduanya selaku narasumber, dan diikuti pesertarnPerwakilan seluruh Petinggi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Provinsi Jambi.

Prof Herri mengatakanrnsangat perlunya peningkatkan kualitas perguruan tinggi, terutama PTS.

"Perlu ada dosen kualifikasirnlebih tinggi, harus perbanyak penelitian, Bagaimana berdiskusi bersama seluruhrnPerguruan Tinggi di Jambi, bagaimana meningkatkan SDM dosen, infrastruktur,rnpotensi kelulusan, peningkatan kualitas kampus akreditasi, meningkatkan dayarnsaing dan hubungan dengan Pemda, kata Prof Herri

Dikatakannya, saat ini jumlah dosen tetap berdasarkan jabatanrnakademik di LLDIKTI Wilayah X berjumlah 9.400 dosen tetap.

"Namun sampai hari ini belum ada dosen Perguruan TinggirnSwasta di Jambi yang Profesor," kata Prof Herri.

Prof Herri mengatakan jumlah PTS yang sudah difasilitasi LLDIKTIrnuntuk kerja sama dengan universitas luar negeri. Yakni kerja sama dengan Dayenrnuniversity Taiwan ada 34 PTS, kerja sama dengan Politeknik Mersing Malaysia adarn4 PTS dan kerja sama dengan UK Malaysia ada 19 PTS.

Sementara, Fillius Chandra mengatakan bagaimana meningkatkan dayarnsaing PTS tidak kalah penting dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

"Bagaimana APTISI bisa mengubah maindset, agar bisarnmeyakinkan masyarakat bahwa PTS lebih baik dari PTN," kata Fillius.

Dikatakannya,rnsaat ini ada 40 Perguruan Tinggi Swasta di Jambi yang secara akreditasi sudahrnmenyaingi Perguruan Tinggi Negeri, bahkan lebih," kata Fillius.